Monday, September 11, 2017

Dokumen-Dokumen untuk Pendaftaran SIMAK UI

Dokumen-Dokumen untuk Pendaftaran SIMAK UI
Dapat belajar di sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas adalah salah satu kebanggan hampir setiap orang. Hal itu dkarenakan untuk dapat diterima di lembaga tersebut tidaklah mudah. Ada beberapa tahap proses yang harus dilalui dengan sukses. Misalnya saja tahap seleksi dengan persaingan yang super ketat. Di kota-kota besar, tidak hanya untuk masuk perguruan tinggi yang harus diantisipasi jauh-jauh hari baik oleh siswa maupun orang tua. 

Ingin memasukkan anak ke TK atau SD saja harus benar-benar bersaing dengan peminat lainnya. Fenomena persaingan super ketat ini hanya terjadi si sekolah-sekolah yang berkualitas saja. Apalagi jika melihat persaingan super ketat para alumni SMA/SMK/MA dan yang sederajat untuk dapat kuliah di Indonesia University. Persiapan yang harus dilakukan bukan hanya dilakukan dalam hitungan hari melainkan hitungan bulan bahkan beberapa tahun.

SIMAK UI (Seleksi Masuk ) UI merupakan salah satu tes masuk UI yang memiliki persaingan cukup ketat. SIMAK UI ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan di Idonesia University. Dari mulai jenjang vokasi atau jenjang diploma hingga jenjang S3 dan kelas internasional. Berikut adalah dokumen yang harus diserahkan para peserta untuk keperluan mendaftar di SIMAK UI.

Untuk para pendaftar program sarjana ekstensi, program pascasarjana (S2,S3), dan program profesi harus menyertakan salinan ijasah terakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi. Jika merupakan lulusan dari universitas luar negeri harus dilengkapi dengan suarat pernyataan ijazah dari Dikti. Dan jika pada transkip nilai tersebut ada niali TOEFL maka wajib menyertakan sertifikatnya.

Untuk para pendaftar kelas internasional harus menyertakan ijazah terakhir dan sertifikat TOEFL atau IELTS dengan skor minimum 5.5

Itulah dokumen-dokumen yangharus dilengkapi dengan benar agar dap[at mengikuti seleksi SIMAK UI. Selain melengkapi dokumen-dokumen tersebut di atas, juga harus membayar biaya tes yang jumlahnya berbeda untuk setiap jenjang pendidikan yang akan dituju. Biaya pendaftaran SIMAK UI ini memang lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pendaftaran SBMPTN. Hal ini dikarenakan SIMAK UI merupakan salah satu jalur tes masuk UI yang dikelola secara mandiri oleh Indonesia University tanpa ada subsidi dari pemerintah.

No comments:

Post a Comment