Friday, January 13, 2017

UI: Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015-2016


UI: Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015-2016
Universitas Terbaik di Indonesia untuk periode 2015-2016, Universitas Indonesia yang menduduki peringkat pertama. Universitas yang berlokasi di Salemba dan Depok ini mampu membuktikan kinerjanya dengan berhasil mengungguli universitas lain hingga ada pada posisi pertama dalam pemeringkatan oleh QS Words University Ranking. Universitas Indonesia yang sudah beberapa kali menduduki peringkat pertama dan untuk kesekian kalinya di periode 2015 – 2016 menjadi untiversitas terbaik pertama di Indonesia.

Ada beberapa kriteria dalam penentuan peringkat, yaitu presence (kehadiran), impact (dampak), openness (keterbukaan), dan excellence (keunggulan). Aspek kehadiran merupakan aspek yang diukur berdasarkan volume dari laman website yang dilihat dari statistik maupun dinamiknya. Penilaian untuk aspek ini yaitu dengan dilakukan terhadap repository suatu universitas dilihat dari banyaknya file (pdf, doc, ppt). Sedangkan untuk aspek excellence (keunggulan) mengukur banyaknya jurnal international yang telah dipublikasikan dan memiliki reputasi tinggi. Terbukti bahwa apabila jurnal tersebut bereputasi tinggi relevan dengan SDM yang handal. Aspek impact (dampak) dilihat dari banyaknya referensi (backlink) dari website luar.

Data dari Ban-PT menununjukan bahwa Universitas Indonesia ada pada posisi 601 dari Universitas terbaik di dunia. Selain memiliki tujuan menjadi universitas terbaik di Indonesia, tercantum juga dalam visi, misi dan tujuannya. Tujuannya kini semakin terlihat bahwa UI terus mengembangkan sayapnya di ranah pendidikan, baik itu di dalam negeri maupun di liar negeri. 

Memang tidak diragukan bahwa kualitasnya semakin meningkat. Semua upaya yang dilakukan Universitas Indonesia merupakan target yang harus terus dicapai sehingga dapat masuk kedalam jajaran 500 universitas terbaik di dunia. Sesuai dengan target yang diharapkan oleh Kemenristekdikti. Pemeringkatan ini memang disadari penting untuk terus mengembangkan dunia pendidikan Indonesia agar dapat terus bersaing dengan negera maju lainnya. 

Kemenristekdikti menargetkan bahwa universitas di Indonesia harus terus meningkatkan kualitas dan reputasi di mata dunia. Sehingga dunia pendidikan di Indonesia dapat ikut bersaing dengan berbagai negara yang memilki pendidikan yang jauh lebih maju.

No comments:

Post a Comment