Wednesday, December 14, 2016

Resep Masakan Enak Sambal Goreng Pete

Resep Masakan Enak Sambal Goreng Pete
Bagi sebagian masyarakat pete merupakan makanan yang tidak digemari karena rasanya yang aneh dan baunya tidak sedap, apalagi pada saat berbicara mulut terasa bau. Namun, tidak sedikit orang juga yang menjadikan pete sebagai makanan favorit sebagai lalapan beserta sambal terasi dan nasi hangat seperti halnya jengkol yang sangat digemari oleh sebagian orang. 

Meskipun aromanya bau dan rasanya aneh, pete memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan, dapat mengatasi gangguan pada saat PMS bagi wanita, mencegah terjadinya anemia, meningkatkan kemampuan kognitif, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk kesehatan lambung, dan lain sebagainya. Pete juga bisa dikonsumsi secara mentah maupun di rebus atau di bakar dan dijadikan tambahan resep masakan enak sehari-hari. Berikut ini kita akan mengolah pete menjadi sambal goreng.

Bahan-bahan:

2 papan pete mentah
200 gr ati ampela ayam
150 gr cabe rawit
3 siung bawang merang
2 siung bawang putih
1 sachet Royco rasa ayam
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdt gula pasir
1 buah tomat
Air matang secukupnya

Cara membuat:

Bersihkan ati ampela, kemudian rebus sampai matang dan potong kecil-kecil. Sisihkan.
Siapkan ulekan, ulek cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat dan tambahkan sedikit garam. Sisihkan.
Kupas pete, kemudian belah menjadi dua bagian atau sesuai selera. Sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah di ulek sampai harum, masukan ati ampela, kemudian pete. Tambahkan sedikit air, masukan bumbu, sedikit garam, merica dan gula pasir. Terakhir, masukan Royco rasa ayam, aduk sampai semua bumbu tercampur dan air meresap.
Jika sudah matang, angkat dan sambal goreng pete siap disajikan.

Itulah salah satu resep masakan enak berbahan dasar pete, yaitu sambal goreng pete yang sedap, gurih dan pedas. Sambal goreng pete ini sangat cocok dinikmati bersama nasi putih hangat, ikan asin dan kerupuk. Jika Anda suka dengan ikan teri, bisa ditambahkan pada sambal goreng pete tersebut.

No comments:

Post a Comment